Generasi Muda Kaltim Selenggarakan Seminar Pendidikan, Launching Mata Garuda Kaltim

Gambar 1. Penyerahan tumpeng oleh Ketua MG Kaltim, Riki Herliansyah kepada Walikota Balikpapan, Bapak Rizal Effendi

Mari manfaatkan kesempatan menempuh jenjang pendidikan S2 dan S3 melalui beasiswa LPDP. Persiapkan diri membangun negeri kita tercinta.”

Joko Widodo – Presiden Republik Indonesia 

Balikpapan (6/8). Penerima beasiswa LPDP baik alumni maupun on-going yang tergabung dalam Mata Garuda Kalimantan Timur (MG Kaltim) menyelenggarakan seminar pendidikan Edumorfosis sekaligus launching resmi MG Kaltim pada hari Sabtu lalu (4/8). Acara yang berlangsung selama satu hari di Gedung Kesenian Balikpapan tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan antara lain Bapak Rizal Effendi selaku Walikota Balikpapan; Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ibu Hetifah Sjaifudian; Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kaltim yakni Bapak Prabu Dewanto dan Kepala Ombudsman Kaltim, Bapak Kusharyanto serta Kepala Biro SDM Polda Kaltim, Kombes Pol. Anwar.

Sebagai organisasi non-politis, Mata Garuda Kalimantan Timur memiliki visi sebagai wadah pengembangan sumber daya manusia Kalimantan Timur yang  berkualitas untuk pembangunan nasional melalui pemanfaatan potensi daerah melalui misi:

  1. Menjadi pusat kajian strategis pembangunan nasional melalui pemanfaatan potensi daerah Kaltim
  2. Turut serta dalam mewujudkan Pendidikan di Kaltim yang adil dan merata
  3. Menjadi wadah bagi insan-insan terbaik Kaltim untuk saling bersinergi dan berkerja sama melaksanakan kegiatan-kegiatan positif

Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai program kerja yang telah dan akan berjalan yang bersifat sosial maupun pendidikan.

Gambar 2. Inti sari Program Kerja MG Kaltim Tahun 2018

Koordinator Divisi Pengabdian Masyarakat selaku Ketua Panitia, Rendy Wirawan, menjelaskan bahwa seminar yang dihadiri oleh 500 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Timur ini menyediakan kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti mocking test IELTS dan konsultasi one on one dengan para penerima beasiswa LPDP. Dalam launching, Ketua MG Kaltim, Riki Herliansyah, memaparkan bahwa keterwakilan awardee dari Kalimantan Timur masih sangat minim yaitu hanya sekitar 1%. Jumlah ini bahkan lebih kecil daripada awardee affirmasi LPDP secara nasional. Dukungan sosialisasi sangat diperlukan agar masyarakat semakin mendapatkan akses informasi mengenai LPDP dan Mata Garuda. Pihak LPDP yang diwakili oleh Kepala Divisi Pengembangan SDM dan Organisasi LPDP, Bapak Gribig Darodjat menyatakan bahwa Kalimantan Timur merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, tetapi masih sedikit sumber daya manusia yang memperoleh akses beasiswa LPDP. Tantangan ini merupakan kesempatan bagi Mata Garuda Kalimantan Timur agar dapat bersinergi dengan berbagai pihak.

Gambar 3. Konsultasi tatap muka mengenai proses seleksi beasiswa LPDP

Kegiatan ini disponsori oleh berbagai perusahaan dan lembaga pendidikan dari Kalimantan Timur yaitu PT. Pertamina Hulu Mahakam, PT. Pertamina Gas, Golden Gate Education, PT. Rimba Karya Rayatama, PT. Hasyim Putera Duta Prima, dan Food Jazz Project. Seminar edukasi dan launching ini merupakan pembuka berbagai program kerja MG Kaltim yang harapannya dapat menjadi acuan untuk meningkatkan semangat pemuda-pemudi khususnya di Kalimantan Timur untuk menempuh pendidikan tinggi  guna mencapai generasi emas mewujudkan cita-cita bangsa khususnya menyongsong era bonus demografi dan Indonesia 2045.

Mata Garuda Kalimantan Timur membuka kesempatan kemitraan dan kerja sama melalui berbagai program kerja. Informasi lebih lanjut mengenai MG Kaltim @matagaruda_kaltim (IG), Mata Garuda Kalimantan Timur (FB), atau kaltim@matagarudalpdp.org.

Humas MG Kaltim – kaltim@matagarudalpdp.org

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*