Crypto Investment 101: Persiapkan Dirimu. Jangan Asal Buang Uang Saat Main Bitcoin

Masyarakat diharapkan semakin berhati-hati saat akan memulai investasi. Di era digital sekarang, aset digital seperti cryptocurrency semakin marak dan populer. Namun, tidak banyak yang paham dengan risiko dan cara kerja moda investasi ini sehingga diperlukan perhitungan matang dan informasi yang mumpuni. Demikian benang merah yang diambil dari kegiatan “Crypto Investment 101” yang disponsori oleh Triv, salah satu platform jual-beli uang digital terbesar di Indonesia.

Acara tersebut merupakan kolaborasi antara Mata Garuda Jawa Barat dengan Co-Learning Space (CLS). Sebagai wadah alumni LPDP di Jawa Barat berkontribusi untuk masyarakat, Mata Garuda Jawa Barat merangkul komunitas berbagi ilmu bagi anak muda Bandung tersebut untuk menyebarkan kewaspadaan akan risiko terjun ke dunia cryptocurrency dan celah-celah di mana orang yang tidak bertanggung jawab dapat masuk untuk menipu investor yang tidak waspada. Sudah banyak kisah orang merugi, bangkrut, bahkan bunuh diri akibat tidak berhati-hati saat berinvestasi di cryptocurrency (contohnya bitcoin, NXT, ethereum dan sebagainya)

Acara ini menghadirkan Merlina Li, sebagai Head of Partnership dari Triv dan salah satu pendiri jaringan blockchain terbesar di Indonesia, Indonesia Blockchain Network (IBN). Merlina menjelaskan sejarah cryptocurrency sebagai jawaban atas kelemahan sistem finansial kapitalistik yang ada sekarang, hingga bagaimana aset digital bisa menjadi moda investasi. Selain itu, Kurnia Bijaksana (PK 35), sebagai sekjen eksternal Mata Garuda Jawa Barat, memberikan edukasi cara berinvestasi cryptocurrency yang aman dengan meminimalisir risiko kehilangan uang dan serba-serbi pengetahuan yang akan diperlkan seorang investor baru.

Peserta terlihat sangat antusias saat menyimak kedua sesi yang disajikan, terbukti saat acara telah usai para pembicara masih dihujani dengan bergam pertanyaan kritis soal berinvestasi dengan menggunakan cryptocurrency. Acara yang rencananya selesai pukul 5 sore, masih dipenuhi oleh penanya yang masih penasaran mengenai cryptocurrency hingga malam tiba.

Diharapkan dengan berjalannya acara seperti ini, masyarakat akan lebih sadar dan waspada sebelum berinvestasi untuk menghindari kerugian yang besar atau ditipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terutama pada cryptocurrency, salah satu moda investasi yang sangat volatile dan berisiko tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*